3 Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri dan Contoh Bunga yang Mengalaminya

3 Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri dan Contoh Bunga yang Mengalaminya

3 Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri dan Contoh Bunga yang Mengalaminya - Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri - Berdasarkan asal serbuk sarinya, proses penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar. 


  1. Penyerbukan sendiri adalah penyerbukan pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.
  2. Penyerbukan tetangga adalah penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain tapi pada pohon yang sama.
  3. Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga tumbuan lain yang sejenis.
  4. Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga tumbuhan lain yang berbeda jenis.


Nah, di artikel kali ini kami akan membahas tentang ciri ciri penyerbukan sendiri dan ketiga jenis penyerbukan lainnya.

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri
Ada beberapa ciri ciri penyerbukan sendiri yang membedakan jenis penyerbukan ini dengan jenis lainnya. Berikut ini ciri-ciri tersebut.

Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri

1. Jatuhnya serbuk sari di kepala putik dari bunga itu sendiri
Sesuai dengan pengertiannya, ciri ciri penyerbukan sendiri ditandai dengan jatuhnya serbuk sari dari bunga itu sendiri. Penyerbukan bisa terjadi dengan bantuan angin (anemogami), manusia (antropogami), dengan bantuan hewan (zoidiogami), atau dengan bantuan air (hidrogami).

2. Hanya terjadi pada bunga hermaprodit
Karena kepala putik dibuahi oleh serbuk sari yang berasal dari bunga itu sendiri, maka penyerbukan sendiri tentunya hanya bisa terjadi pada tumbuhan dengan bunga hermaprodit. Bunga hermaprodit adalah bunga yang memiliki 2 kelamin lengkap, jantan dan betina dalam satu duduk bunga saja. Contoh bunga hermaprodit misalnya bunga kembang sepatu, bunga padi, bunga tanaman buah naga dan lain sebagainya.

3. Tidak menghasilkan variasi keturunan
Ciri ciri penyerbukan sendiri yang terakhir adalah hasil penyerbukan tersebut tidak menghasilkan variasi keturunan. Kelamin jantan dan betina berasal dari satu tanaman saja, oleh karena itu tidak terjadi pewarisan sifat-sifat yang berbeda seperti halnya pada penyerbukan silang maupun penyerbukan bastar.

3 Ciri Ciri Penyerbukan Sendiri dan Contoh Bunga yang Mengalaminya


Nah, itulah beberapa ciri ciri penyerbukan sendiri yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa dipahami dengan mudah. Dan jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya yang lebih lengkap tentang macam macam penyerbukan beserta gambarnya. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar