3 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan + Contohnya

3 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan + Contohnya

3 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan + Contohnya - Selain makan, berkembang biak, bernafas, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, dan menerima rangsangan, salah satu ciri mahluk hidup lainnya adalah melakukan penyesuaian diri atau adaptasi terhadap lingkungannya. Adaptasi dilakukan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan agar dapat bertahan hidup meski dalam kondisi lingkungan yang sulit. Nah, jika manusia dan hewan cenderung dapat dengan mudah melakukan adaptasi, lalu bagaimana cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri
Cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya dapat dilakukan dengan 3 hal, yaitu melalui adaptasi morfologi, fisiologi, dan adaptasi tingkah laku. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas tentang ketiga cara tersebut disertai dengan contoh-contohnya. Silakan disimak!

3 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan + Contohnya


Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

1. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri melalui Adaptasi Morfologi
Adaptasi morfologi adalah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan mengubah bentuk luar tubuhnya agar sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh adaptasi morfologi pada tumbuhan, di antaranya:

  • Tumbuhan kaktus beradaptasi dengan suhu udara yang panas dengan memperkecil ukuran daunnya hingga berbentuk seperti duri. Suhu udara yang panas membuat banyak air menguap dari tubuhnya, sehingga dengan memperkecil ukuran daun, laju transpirasi (penguapan) dapat turun.
  • Tanaman bakau memiliki akar tunjang yang menembus tanah hingga dalam merupakan salah satu contoh adaptasi morfologi yang dilakukan supaya tanaman tersebut tidak terhempas oleh ombak besar di sekitar pantai.
  • teratai dan kangkung memiliki batang yang berongga supaya dapat mengapung diperairan yang menjadi tempat hidupnya. Bayangkan bila kedua tumbuhan tersebut memiliki batang yang berisi seperti batang pohon kayu, mereka pasti akan tenggelam di dasar sungai.


2. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri melalui Adaptasi Fisiologi
Adaptasi fisiologi adalah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan mengubah fungsi dalam tubuhnya agar sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan, di antaranya:

  • Pada musim kemarau, pohon pisang akan mengeluarkan zat lilin pada permukaan atas daunnya untuk meminimalkan terjadinya transpirasi.
  • Tumbuhan gurun memiliki organ tempat menyimpan cadangan air untuk mempersiapkan musim kemarau yang panjang.
  • Bunga-bunga tumbuhan yang hanya dapat melakukan penyerbukan dengan bantuan serangga mengeluarkan aroma wangi untuk mengundang para serangga datang.


3. Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri melalui Adaptasi Tingkah Laku
Adaptasi tingkah laku adalah cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan melakukan tingkah laku tertentu sesuai dengan kondisi lingkungan luar. Ada banyak contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan, di antaranya:

  • Pohon jati, kedondong dan beberapa tumbuhan lainnya akan menggugurkan daunnya pada musim kemarau untuk meminimalkan penguapan (transpirasi).
  • Tumbuhan xerofit mengeluarkan air dari daunnya untuk membuang kelebihan air pada tubuhnya. Tingkah laku tumbuhan higrofit ini disebut dengan istilah gutasi
  • Bunga wijaya kusuma mekar hanya pada malam hari dan mengeluarkan aroma wangi untuk mengundang serangga malam agar membantu penyerbukannya.


Nah, demikianlah pemaparan yang bisa kami sampaikan tentang beberapa cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dari pemaparan di atas, dapat kita simpulkan bahwa ada 3 cara yang bisa dilakukan tumbuhan untuk beradaptasi, yaitu melalui adaptasi morfologi, fisiologi, serta adaptasi tingkah laku. Semoga bisa dipahami dengan mudah, sehingga Anda dapat melanjutkan membaca artikel berikutnya tentang cara tumbuhan melindungi diri. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar